Kamis, 23 Februari 2012

cara-cara membuat sebuah artikel

1. MENGUNGKAPKAN IDE
Nah, ide dasar ini bisa berasal dari pengalaman sendiri, fenomena yang muncul di tempat kerja, lingkungan, dari buku atau sumber bacaan lainnya, atau dari hasil perenungan sendiri. Lalu kemudian disimpulkan, apakah masalah itu penting dkemukakan? jika perlu maka lakukan langkah ke 2

2. MERACIK JUDUL
Judul merupakan bagian pertama yang berfungsi sebagai daya pikat bagi calon pembaca. judul harus menggambarkan (mewakili) kesuluruhan seluruh tulisan.

3. MERAMU INTRO
Intro atau lead atau paragraf pertama dalam sebuah tulisan, merupakan bagian yang biasanya paling sering dibaca setelah judul. itulah sebabnya mengapa kemampuan membuat intro dalam membuat tulisan sangatlah penting.

4. MENGELOLA TUBUH (ISI)
Tubuh sebuah tulisan merupakan penjabaran atas apa yang tersurat (maupun tersirat) dari judul dan intro. Maksudnya adalah harus konsisten terhadap persoalan agar tetap fokus. jadi kalo judul ngomongin "ini", maka intro dan tubuh pun harus ngomongin "ini".

5. MENGGAGAS ENDING
Sebuah tulisan memang harus "ditutup" sememikat mungkin. Artinya kita harus tau betul kapan sesungguhnya sebuah tulisan harus ditutup.

setelah 5 langkah tersebut ada baiknya kita mengecek ulang ketepatan kata-kata yang digunakan, dan pengetikannya, karena kadang ada yang kurang atau kelebihan huruf.
well, mungkin cukup ini dulu dan mungkin tulisan saya selanjutnya masih mengenai tips2 dan trik membuat artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar